Cara menggunakan fungsi MATCH di Microsoft Excel 2013

Fungsi MATCH digunakan untuk mencari sebuah item khusus pada sebuah susunan sel dan kemudian menunjukkan posisi item tersebut  dalam sebuah susunan sel. Sebagai contoh saya memiliki sebuah tabel seperti gambar di bawah ini, kemudian saya ingin mencari posisi sebuah ID dalam sebuah jajaran sel (A2:A8)

Cara menggunakan fungsi MATCH di Excel 2013

Cara pertama anda klik sel “G3”, kemudian anda klik tab “FORMULAS”. Pada grup function library anda klik “Lookup & Reference”, lalu terakhir anda pilih “MATCH”. Setelah itu anda akan mendapati jendela function arguments muncul. Silahkan anda melengkapi jendela “Fucntion arguments” dan akhiri dengan mengklik tombol “OK”.
Belajar Bareng
Keterangan:
“Lookup_value”, anda wajib mengisi bagian ini. Anda bisa mengisinya dengan item tertentu (contohnya salah satu ID product). Atatu anda bisa mengetikan sel dimana nanti anda akan mengetikkan item. Sebagai contoh saya akan memasukkan “F3” pada bagian Lookup_value. Artinya jika nanti saya memasukkan salah satu ID, maka pada sel “G3” akan menunjukkan hasilnya.
“Lookup_array”, anda wajib mengisi bagian ini. Lookup array merupakan  susunan sel yang di jadikan sumber.
“Match type”, pilihan match ada tiga. Yaitu -1, 0 atau pu 1. Angka tersebut nantinya akan digunakan untuk mencocokan nilai. Match type yang standar digunakan adalah 1.

Cara kedua: anda bisa langsung mengtikkan rumus pada sel “G3”
Jika anda hanya mencari item tertentu, misalnya anda ingin mencari ID “100606”. Maka pada sel “G3” anda hanya perlu mengetikkan rumus =MATCH(100606,A2:A8,1).

Jika anda ingin menemukan item yang tidak tentu, maka anda bisa menggunakan sel saja. Jadi anda bisa memasukkan ID berapa pun pada sel “F3” dan angka yang keluar di “G3” secara otomatis menyesuaikan. Sebagai contoh saya menggunakan sel “F3”, maka pada sel “G3” saya mengetikkan rumus =MATCH(F3,A2:A8,1).
Comments

Cari tutorial yang diinginkan dengan support dari Google