Cara menggunakan HLOOKUP di Microsoft Excel 2013

Cara menggunakan fungsi HLOOKUP - HLOOKUP, merupakan salah satu sungsi yang dapat anda gunakan di Excel 2013. Sebenarnya fungsi HLOOKUP mempunyai kegunaan kurang lebih sama dengan VLOOKUP. Perbedaanya, jika pada fungsi VLOOKUP digunakan untuk menemukan informasi berdasarkan kolom (Vertical) sedangkan HLOOKUP digunakan untuk menemukan informasi berdasarkan baris (Horizontal).

Intinya, HLOOKUP mengacu pada table array yang disusun secara horizontal. Tujuannya untuk mencari nilai atau teks yang tersusun dalam barisan. Misalnya anda ingin mencari code produk pada tanggal tertentu atau lainnya. Bagi anda yang masih bingung dengan cara menggunakan HLOOKUP di Microsoft Excel 2013, anda bisa belajar menggunakannya melalui tutorial di bawah.

Cara menggunakan HLOOKUP di Microsoft Excel 2013

Sebagai contoh saya telah membuat tabel  (Lihat tabel bewarna biru) berisi data yang tersusun secara horizontal, tabel ini nantinya akan berfungsi sebagai table_array (sumber data). Dan saya juga membuat tabel yang kedua (lihat tabel bewarna hijau).
Belajar Bareng
Ditabel kedua ini saya akan menggunakan rumus HLOOKUP.  Jadi misalnya saya mengetikan tanggal 13 pada sel D12, maka di bawahnya akan langsung muncul keterangan code (sel D13), price (sel D14), in stock  (sel D15), in order  (sel D16) dan juga reorder  (sel D17).  Pada masing-masing sel (D13, D14, D15, D16 dan  D17) saya akan menggunakan rumus HLOOKUP. Jadi anda bisa mendapat 5 contoh sekaligus.

Cara pertama: 
Ada dua cara menggunakan HLOOKUP, anda bisa mengetikkan rumus secara langsung. Sebagai contoh pada tabel di atas saya mengetikkan rumus di bawah kemudian langsung tekan enter.
Belajar Bareng

  • Pada sel D13 saya mengetikkan rumus =HLOOKUP(D12,C2:V7,2,FALSE)
  • Pada sel D14 saya mengetikkan rumus =HLOOKUP(D12,C2:V7,3,FALSE)
  • Pada sel D15 saya mengetikkan rumus =HLOOKUP(D12,C2:V7,4,FALSE)
  • Pada sel D16 saya mengetikkan rumus =HLOOKUP(D12,C2:V7,5,FALSE)
  • Pada sel D17 saya mengetikkan rumus =HLOOKUP(D12,C2:V7,6,FALSE)
Cara kedua: 
Anda dapat pula menggunakan HLOOKUP melalui insert fungsi. Caranya anda posisikan pointer (mouse) pada sel, kemudian anda klik tab “FORMULAS”. Selanjutnya anda klik  “Lookup & References” dan pilih “HLOOKUP”. Setelah jendela fungsi arguments keluar maka anda cukup melengkapinya dan akhiri dengan menekan tombol “OK”
Belajar Bareng
Keterangan:
  • Lookup_value, bagian ini wajib diisi, yaitu nilai yang kan ditemukan pada baris pertama dan menjadi nilai referensi atau pun string teks.
  • Table_array, area ini juga tidak boleh dilewatkan. Table ini merupakan tabel dyang jadi sumber data aau referensi.
  • Row _index_num bagian ini juga sangat diperlukan, menunjukkan barisan mana yang ingin ditemukan. Misalnya jika pada kasus saya diatas nilai “Code” berada pada barisan ke 2, nilai “Price” berada pada barisan ke 3 dan seterusnya.
  • Range_lookup adalah nilai logis dimana anda dapat menentukan apakah anda ingin HLOOKUP untuk menemukan nilai yang sama persis atau perkiraan. Bila anda ingin menemukan nilai yang sama persis, maka anda dapat memasukkan FALSE. Maka jika anda memasukkan angka( tanggal) yang salah pada D12 maka di sel D13, D14, D15, D16 dan  D17 tidak akan muncul data dan dianggap sebagai kesalahan. 
Comments

Cari tutorial yang diinginkan dengan support dari Google