Contoh Lembar Kerja Siswa / LKS
Contoh Lembar Kerja Siswa / LKS
Lembar Kerja Siswa
A. Standar kompetensi
8. memahami berbagai bentuk energy dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi dasar
8.1 mendeskripsikan energy panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya.
C. Indikator
1. Mengidentifikasi sumber-sumber panas.
2. Mendemonstrasikan adanya perpindahan panas.
3. Membuat daftar sumber-sumber bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar.
4. Menyimpulkan bahwa bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar.
5. Menunjukkan bahwa perambatan bunyi pada benda padat, cair dan gas.
6. Menunjukkan bahwa bunyi dapat dipantulkan atau diserap.
D. Ringkasan materi
Energi dan penggunaannya
A. Energi panas (kegiatan 1)
Sumber energi panas:
- Matahari
- Dua benda yang saling bergesekan .
Sifat-sifat energi panas(kegiatan 2):
- Tidak dapat dilihat,didengar maupun dibau tetapi pengaruhnya tetapi dapat dirasakan pengaruhnya.
- Dapat berpindah ke lain tempat
Perpindahan panas dari satu benda ke benda lain terjadi apabila terdapat perbedaan suhu di antara kedua benda. Panas dapat berpindah dari benda yang bersuhu tinggi (panas) ke benda bersuhu lebih rendah.
Contoh: apabila kamu membuat the panas dan menuangkannya ke dalam cangkir. Apabila air teh tersebut dibiarkan, lama kelamaan air teh semula panas menjadi dingin. Hal ini karena panas telah dipindahkan dari cangkir ke lingkungannya.
B. Energi bunyi (kegiatan 3)
Sumber bunyi adalah benda-benda yang dapat menghasilkan sumber bunyi.
Sumber-sumber bunyi diantaranya sbb: pita suara, alat-alat music dsb.
Berdasarkan kuat lemahnya atau frekuensinya, bunyi dibedakan atas tiga jenis.
- Infrasonic : bunyi yang sangat lemah. Jumlah getaran bunyinya kurang dari 20 getaran perdetik. Kita tidak dapat mendengarkan bunyi ini. Hanya hewan-hewan seperti jangkrik, angsa dan anjing yang dapat mendengarkannya.
- Audiosonic : jenis bunyi yang dapat kita dengar pada umumnya. Jumlah getaran bunyinya berkisar antara 20 sampai 20.000 getaran per detik.
- Ultrasonic : bunyi yang sangat kuat, di atas audiosonic. Jumlah getaran bunyinya lebih dari 20.000 getaran per detik. Bunyi ini juga tidak dapat kita dengar. Hewan yang dapat menangkap bunyi ini adalah lumba-lumba dan kelelawar.
Sifat-sifat energy bunyi (kegiatan 4)
- Bunyi dapat merambat melalui zat padat, zat cair, dan gas.Getaran bunyi merambat dalam bentuk gelombang yang sering disebut gelombang bunyi. Gelombang bunyi tersebut mirip seperti geleombang air. Bunyi merambat ke segala arah.
- Bunyi dapat diserap dan dipantulkan.Bunyi yang mengenai dinding akan dipantulkan ataupun diserap. Umumnya permukaan benda yang keras, rapat, dan mengkilat bersifat memantulkan bunyi. Benda-benda yang dapat menyerap bunyi diantaranya sebagai berikut: Busa, stirofoam, dan karpet. Benda-benda yang dapat menyerap bunyi dinamakan peredam bunyi. Bahan-bahan ini banyak dipasang pada dinding sebelah dalam ruangan studio music ataupun studio rekaman.
E. Lembar kerja
1. Kegiatan
a. Kegiatan 1.
- Pastikan kedua telapak tanganmu dalam keadaan kering kemudian gesek-gesekkan keduanya selama lima menit.
- Sediakan 2 buah batu yang sama besar.
- Setelah itu, gesekkan kedua batu satu sama lain selama lima menit.
- Apa yang kamu rasakan pada telapak tangan maupun permukaan batu yang kamu gesekkkan?
- Apa kesimpulanmu dari kegiatan di atas?
- Buatlah laporan kemudian kumpulkan kepada bapak/ibu guru!
b. Kegiatan 2. Menunjukkan adanya perpindahan panas
- Potonglah kawat sepanjang 40 cm, kemudian tempelkan mentega pada kawat dengan jarak 20 cm dari ujungnya.
- Jepitlah salah satu ujung kawat dengan penjepit kayu dan ujung lain dipanakan diatas nyala lilin.
- Selama pemanasan, peganglah penjepit kayu dan perhatikan perubahan yang terjadi pada mentega.
- Dalam waktu beberapa menit lilin kawat meleleh?
- Apa yang menyebabkan lilin tersebut meleleh?
- Susunlah laporan kegiatan dan serahkan kepada bapak atau ibu guru!
2. Ujilah kompetensimu !
- Apakah sumber energy panas itu?
- Sebutkan lima sumber energy panas yang kamu ketahui!
- Bagaimana cara manusia membuat api sebelum menemukan korek api?
- Sebutkan sifat-sifat energy panas!
- Sebutkan enam cara manusia menghambat perpindahan panas dari tubuhnya!
3. Kegiatan
a. Kegiatan 1. Mengetahui penyebab terjadinya bunyi.
- Ambil karet gelang dan piring yang cekung.
- Rentangkan karet gelang pada piring.
- Petiklah karet tersebut.
- Peganglah karet itu ketika berbunyi.
- bagaimana keadaan karet saat dipetik?
- apa yang menyebabkan timbulnya bunyi?
Tulislah laporan kegiatanmu ini dan kumpulakn kepada bapak atau ibu guru.
b. Kegiatan 2.
Mengetahui arah merambat bunyi
- Siapkan sebuah piring kaca dan sendok logam. Peganglah piring kaca dengan tangan kirimu. Sementara, tangan kananmu memegang sendok logam.
- Mintaklah kepada empat orang temanmu untuk berdiri mengelilingimu sehingga kamu berada di tengah-tengahnya.
- Mintalah kepada temanmu berbalik arah sehingga membelakangimu.
- Pukulah piring kaca menggunakan sendok logam sehingga menimbulkan bunyi yang cukup keras. Mintalah kepada temanmu mengacungkan tangan jika mendengar bunyi itu.
- Ketika piring kaca dipukul, apakah suara yang dihasilkannya dapat didengar oleh keempat temanmu?
- Apakah keempat temanmu mendengar bunyi secara bersamaan?
- Jika suara itu dapat didengar oleh keempat temanmu, apakah suara itu merambat ke satu arah atau ke segala arah?
- Apakah kesimpulanmu dari kegiatan yang telah kamu lakukan?
4. Ujilah kompetensimu!
- Apakah penyebab timbulnya bunyi? Tunjukkan buktinya.
- Sebutkan beberapa contoh peristiwa sehari-hari yang membuktikan bahwa bunyi merambat melalui udara!
- Apa yang terjadi jika bunyi mengenai permukaan dinding kaca? Jelaskan.
- Mengapa dinding bagian dalam studio music perlu dilapisi peredam bunyi?
- Mengapa gaung dapat mengganggu pendengaran kita?
5. Ujilah pemahamanmu.
A. Ayo memilih.
1. Sumber energy panas adalah………….
a. Benda yang saling digesekkan
b. Benda yang menghasilkan energy panas
c. Benda yag mudah terbakar
d. Benda yang menerima energy panas
2. Indra yang dapat merasakan adanya energy panas adalah indra…………
a. Peraba
b. Pembau
c. Pendengar
d. penglihat
3. Alat-alat di bawah ini yang merupakansumber energy panas adalah…………
a. Setrika, rice cooker, dan mixer
b. Pengering rambut, solder, dan setrika
c. Rice cooker, bel listrik, dan neon
d. Kalkulator,setrika, dan blender
4. Sumber energy panas ternesar bagi kehidupan adalah……………
a. Panas bumi
b. Matahari
c. Minyak bumi
d. Kayu bakar
5. Pernyataan yang benar tentang sifat energy panas adalah…………..
a. Energy panas tidak dapat berpindah.
b. Energy panas dapat berpindah dari benda yang panas ke benda yang panas.
c. Eneergi panas dapat berpindah dari benda yang dingin ke benda yang panas.
d. Energy panas dpat berpindah dari benda yang pans ke benda yang panas juga.
6. Ketika besi digerinda, terlihat percikan api pada bagian besi yang digerinda. Api atu energy panas itu timbul karena ………
a. Udara sekitar menjadi panas
b. Yang digerinda adalah logam
c. Gesekan antara herinda dan besi
d. Besi yang digerinda tidak disiram air
7. Dua puluh tahun yang lalu masih banyak orang menyetrika pakaian dengan setrika arang .pada peristiwa itu energy panas berpindah dari ………..
a. Arangà pakaian à setrika
b. Setrikaà pakaian à arang
c. Pakaian à setrika à arang
d. Arang à setrika à pakaian
8. Benda hitam lebih banyak menyerap panas daripada benda putih. Kemeja putih dijemur bersama-sama kemeja hitam, maka………
a. Kemeja putih lebih cepat kering
b. Kemeja hitam lebih cepat kering
c. Kedua kemeja kering bersama-sama
d. Kemeja hitam lama menjadi kering
9. Ketika membuat senjata tajam, pandai besi membakar lempenggan baja hingga memerah. Kemudian, lempengan baja itu ditempa. Setelah ditempa, lempengan baja yang masih panas itudicelupkan dalambak air. Dari cerita itu, pernyataan yang tepat adalah……..
a. Air dalam bak menjadi panas
b. Lempengan baja tetap panas seperti semula
c. Lempengan baja menjadi lebih panas
d. Air dalam bak tetpa dingin
10. Manusia mempunyai sumber bunyi berupa………
a. Tenggorokan
b. Pita suara
c. Hidung
d. Bibir
11. Bunyi yang dapat kita dengar karena merambat melalui benda padat adalah…..
a. Suara di telepon
b. Klakson mobil
c. Kicau burung
d. Orang bercakap-cakap
12. Bunyi yang dapat didegar kelelawar dan lumba-lumba adalah………..
a. Infrasonik
b. Audiosonik
c. Ultrasonik
d. Supersonic
13. Kumbang adalah binatang yang dapat mengeluarkab bunyi. Bunyi kumbang pada saat terbang dihasilakan oleh…………..
a. Kulitnya
b. Mulutnya
c. Ekornya
d. Sayapnya
14. Salah satu pemanfaatan perambatan bunyi melalui zat cair, yaitu untuk…..
a. Mengukur kedalaman laut
b. Mengukur lebar laut
c. Mengetahui posisi kapal
d. Mendengar suara kapal laut
15. Batu yang dibenturkan dalam air akan terdengar lebih……daripada di udara.
a. Keras
b. Kuat
c. Lemah
d. Rendah
16. Kita dapat mendengar bunyi lonceng dari dalam kelas karena bunyi merambat melalui………..
a. Genting
b. Jendela
c. Lantai
d. Udara
17. Makin dekat dengan sumber bunyi, kita akan mendengar bunyi makin….
a. Lemah
b. Keras
c. Tidak jelas
d. Samar-samar
18. Di antara bahan-bahan berikut yangpaling baik digunakan sebagia bahan peredam bunyi adalah….
a. Besi
b. Kaca
c. Busa
d. Aluminium
19. Bunyi pantul yang memperkuat buyni asli terjadi jika berteriak di………….
a. Dalam sumur
b. Bukit
c. Kamar mandi
d. Stadion
20. Bunyi merambat paling cepat melalui…….
a. Air
b. Udara
c. Besi
d. Kayu
B. Ayo menjawab.
- Apakah sunber energy panas itu?
- Mengapa matahari dikatakan sebagai sumber energy panas terbesar?
- Mengapa kita merasa panas ketika berada di bawah terik matahari?
- Sebutkan keguanaan ruang hampa udara pada termos!
- Buktikan bahwa energy panas mengalir ke tempat yang lebih dingin!
- Di atas permukaan Bulan merupakan ruang hampa udara. Suasana di Bulan sangat sunyi. Mengapa?
- Berilah beberapa contoh sumber bunyi yang ada di ruang kelasmu!
- Berikan bukti bahwa bunyi dapat merambat melalui besi!
- Sebutkan perbedaan antara gema dan gaung!
- Apakah bahan peredam bunyi itu? Berikan beberapa contoh yangtermasuk pererdam bunyi!
Comments
Post a Comment
Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan tinggalkan tanggapan, pesan atau pun pertanyaan anda pada kolom komentar.